Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan - Buah Semangka yang dalam bahasa inggris disebut water melon mempunyai rasa yang segar dan menyehatkan. Buah yang bernama latin (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) merupakan tanaman yang merambat dan awalnya memang bukan berasal dari indonesia akan tetapi berasal dari daerah gurun di Afrika bagian selatan.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Tahukah anda kalau buah semangka mempunyai bermacam macam manfaat untuk kesehatan, yups buah yang digemari di daerah tropis ini mempunyai banyak sekali manfaat. Mulai dari kulit sampai bijinya juga ada manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan zat yang terkandung didalam buah semangka sangat banyak diantaranya: protein, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, sukrosa, rendah kalori, air, karbohidrat, lemak, serat, Vitamin, asam amino, sirulin, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa dan sukrosa.

Berikut ini Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan :

1. Mencegah tekanan darah tinggi (Hipertensi) dan stroke

Kandungan kalium yang tinggi yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. serta kandungan karetenoidnya dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. ini dapat diperoleh jika kita rutin mengkonsumsinya.

2. Obat untuk Diet

Buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan air yang cukup banyak, sehingga cocok untuk anda yang sedang diet.

3. Dapat Mempergiat Kerja Jantung. 

4. Menyegarkan Kulit

Kandungan zat alaminya yang dapat menyegarkan kulit kita. Anda juga dapat menggunakan jus semangka dan dapat mengoleskannya pada wajah dan leher (sebagai masker) untuk memperoleh hasil yang maksimal.

5. Penderita Hipertensi

Kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah di dalam tubuh kita sehingga sangat baik untuk penderita hipertensi.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Adanya kandungan kalium yang sangat tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. Serta Dapat Merangsang Keluarnya Air Seni Lebih Deras

7. Sebagai Antioksidan

kandungan likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.

8. Melembapkan Kulit

Kandungan air yang banyak membuat tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan wajah kering dan kusam.

9. Mencegah Sariawan

Sariawan dapat diatasi dengan makan buah semangka. karena Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.

10. Mencegah dan Mengobati jerawat

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda.

11. Dapat Menurunkan Demam

Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Manfaat buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya, misalnya buah semangka anda gunakan sebagai pencuci mulut setelah makan.

12. Alternatif Makanan Rendah Gula bagi Penderita Diabetes

Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.

Dan masih banyak manfaat yang lain. Begitu banyaknya Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan. Maka dari itu konsumsilah secara teratur agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga tulisan yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment

 
Top