Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan - Di sini akan saya berikan manfaat buah sirsak untuk kesehatan. seperti kita ketahui bersama buah sirsak yang bernama latin Anona muricata Linn ini mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita. kerabat dari srikaya ini awal mulanya ditemukan di amerika disekitar peru argentina dan meksiko. sesampai di indonesia buah dengan nama latin Anona muricata Linn ini dijuluki dengan nama sirsak yang awal mulanya berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak yang berarti kantong yang rasanya asam.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah sirsak sendiri menurut penelitian terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Karena kandungan nutrisi yang banyak itulah dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan buah ini menjadi sangat populer di indonesia. 

Adapun karbohidrat adalah kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak setelah air. salah satunya adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. 

Sedangkan kandungan vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Dan perlu kita ketahui bahwa Kebutuhan vitamin C per orang per hari adalah 60 mg sehingga dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak kebutuhan akan vitamin dapat terpenuhi. 

Selanjutnya fosfor dan kalsium adalah kandungan Mineral yang cukup dominan, sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. fosfor dan kalsium sangat penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk proses membentuk tulang yang sehat dan kuat serta bisa untuk penghambat penyakit osteoporosis. 

Kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g) menjadi salah satu keunggulan buah sirsak ini, tetapi juga potasium (kalium) yang tinggi, yaitu 278 mg per 100 g. Sehingga dengan perbandingan kalium tinggi dan natrium rendah inilah sangat bermanfaat dalam rangka mencegah hipertensi. 

Selain itu buah ini kaya akan komponen non gizi. diantaranya mengandung banyak serat (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. 



Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan


1. Mencegah Penyakit Kanker


Yang pertama buah ini mengandung Annonaceous acetogenins yaitu fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. peran xat ini untuk menangkal serangan kanker dan virus. kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak bisa membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis penyakit kanker, diantaranya adalah kanker usus besar, prostat, payudara, serta kanker paru-paru, dan masih banyak lagi menurut penelitian.


2. Melancarkan buang air kecil


Kedua buah sirsak ternyata dapat dijadikan juz yang mempunyai manfaat sebagai obat rasa sakit ketika buang air kecil. serta dapat megatasi penyakit haematuria (bercampurnya sel darah putih dalam urin + penyakit hati ringan).


3. Menjaga Kesehatan Tulang


Ketiga kandungan mineral yaitu tembaga membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.


4. Meningkatkan Energi

Aroma yang segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, kandungan thiamin juga yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.


5. Meredakan Migrain


Kandungan vitamin B2 atau riboflavin yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.


6. Mencegah Anemia

zat besi yang ada dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.


7. Manfaat Biji Buah Sirsak

Selain itu Tahukah Anda, bahwa tidak hanya dagingnya saja, akan tetapi biji buah sirsak pun sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Karena Biji sirsak mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

Demikian sedikit penjelasan dari beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga selalu kesehatan kita beserta orang-orang yang kita cintai.

1 comment for "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan"